Jenis dan Nama Penyebab Ketidaksuburan Pada Pria

Jenis dan Nama Penyebab Ketidaksuburan Pada Pria - atau dengan istilah lainnya jenis gangguan sperma yang umum dialami oleh laki-laki yang menyebabkan kemandulan atau sulitnya hamil. Sperma yang memiliki gangguan akan sulit untuk berenang menuju sel telur.


Jenis dan Nama Penyebab Ketidaksuburan Pada Pria

Analisis Sperma adalah suatu pemeriksaan yang penting untuk menilai fungsi organ reproduksi pria (untuk mengetahui apakah seorang pria fertil atau infertil). Semen harus diperiksa dari seluruh ejakulat. Karena itu mengambilnya dari tubuh harus dengan masturbasi atau coitus interuptus ( bersetubuh dan waktu ejakulasi,persetubuhan dihentikan dan mani ditampung semua). Ada juga bersetubuh dengan menggunakan kondom khusus. Sebelum melakukan pemeriksaan disarankan untuk berpuasa bersetubuh ( abstinensi ) terbaik sekitar 3-5 hari. Pemeriksaan semen terbaik selambatnya sejam sesudah ejakulasi.
Apakah semen?
Semen adalah cairan putih atau abu-abu, terkadang kekuningan, yang dikeluarkan dari uretra (pipa di dalam penis) pada saat ejakulasi. Fungsi semen adalah membawa jutaan sperma ke dalam saluran reproduksi wanita.
Karakteristik Semen
Menurut WHO, berikut adalah empat kriteria yang dilihat dalam pengujian semen:
1. Volume
Pria subur rata-rata mengeluarkan 2 hingga 5 cc semen dalam satu kali ejakulasi. Secara konsisten mengeluarkan kurang dari 1,5 cc (hypospermia) atau lebih dari 5,5 cc (hyperspermia) dikatakan abnormal. Volume lebih sedikit biasanya terjadi bila sangat sering berejakulasi, volume yang lebih banyak terjadi setelah lama “berpuasa”.
2. Konsentrasi sperma
Pria subur memiliki konsentrasi sperma di atas 20 juta per cc atau 40 juta secara keseluruhan. Jumlah di bawah 20 juta/cc dikatakan konsentrasi sperma rendah dan di bawah 10 juta/cc digolongkan sangat rendah. Istilah kedokteran untuk konsentrasi sperma rendah adalah oligospermia. Bila sama sekali tidak ada sperma disebut azoospermia. Semen pria yang tidak memiliki sperma secara kasat mata terlihat sama dengan semen pria lainnya, hanya pengamatan melalui mikroskoplah yang dapat membedakannya.
3. Morfologi Sperma
Sperma normal memiliki bentuk kepala oval beraturan dengan ekor lurus panjang di tengahnya. Sperma yang bentuknya tidak normal (disebut teratozoospermia) seperti kepala bulat, kepala pipih, kepala terlalu besar, kepala ganda, tidak berekor, dll, adalah sperma abnormal dan tidak dapat membuahi telur. Hanya sperma yang bentuknya sempurna yang disebut normal. Pria normal memproduksi paling tidak 30% sperma berbentuk normal.
4. Motilitas (Pergerakan) Sperma
Sperma terdiri dari dua jenis, yaitu yang dapat berenang maju dan yang tidak. Hanya sperma yang dapat berenang maju dengan cepatlah yang dapat mencapai sel telur. Sperma yang tidak bergerak tidak ada gunanya. Menurut WHO, motilitas sperma digolongkan dalam empat tingkatan:
Kelas a: sperma yang berenang maju dengan cepat dalam garis lurus seperti peluru kendali.
Kelas b: sperma yang berenang maju tetapi dalam garis melengkung atau bergelombang, atau dalam garis lurus tetapi lambat.
Kelas c: sperma yang menggerakkan ekornya tetapi tidak melaju.
Kelas d: sperma yang tidak bergerak sama sekali.
Sperma kelas c dan d adalah sperma yang buruk. Pria yang subur memproduksi paling tidak 50% sperma kelas a dan b. Bila proporsinya kurang dari itu, kemungkinan akan sulit memiliki anak.
Motilitas sperma juga dapat terkendala bila sperma saling berhimpitan secara kelompok sehinga menyulitkan gerakan mereka menuju ke sel telur.
Penghitungan Sperma (Sperm Count)
Kesuburan pria ditentukan oleh kombinasi keempat kriteria di atas, yaitu jumlah sperma berbentuk sempurna dalam semennya yang dapat bergerak agresif. Misalnya, seorang pria yang memproduksi 20 juta sperma per ml, 50% -nya bermotilitas bagus dan 60% -nya berbentuk sempurna, maka dia dikatakan memiliki hitungan sperma 20 x 0,5 x 0,6 = 6 juta sperma bagus per ml. Bila volume ejakulasinya adalah 2 ml, maka total sperma bagus dalam sampelnya adalah 12 juta.
Setelah Anda melakukan analisis sperma, kini tiba saatnya membaca hasil analisis sperma tersebut untuk mengetahui tingkat kesuburan Anda:
Untuk pengetahuan Anda, standar yang telah ditetapkan WHO adalah:

  • Volume : 2 ml atau lebih
  • pH : 7,2 sampai dengan 8,0
  • Konsentrasi spermatozoa: 20 juta spermatozoa / ml atau lebih
  • Jumlah total spermatozoa : 40 juta spermatozoa per ejakulasi atau lebih
  • Motilitas spermatozoa : Dalam waktu 1 jam setelah ejakulasi, sebanyak 50% dari jumlah total spermatozoa yang hidup, masih bergerak secara aktif.
  • Morfologi permatozoa : 30% atau lebih memiliki bentuk yang normal
  • Vitalitas spermatozoa : 75% atau lebih dalam keadaan hidup
  • Jumlah sel darah putih : lebih sedikit dari 1 juta sel/ml
Dari standar yang telah disebutkan tersebut, dokter akan membuat suatu simpulan yang akan diterima oleh Anda sebagai hasil analisis sperma. Adapun macam dan definisi dari kesimpulan tersebut adalah:

  1. Normozoospermia: Karakteristik normal.
  2. Oligozoospermia: Konsentrasi spermatozoa kurang dari 20 juta per ml.
  3. Asthenozoospermia: Jumlah sperma yang masih hidup dan bergerak secara aktif, dalam waktu 1 jam setelah ejakulasi, urang dari 50%.
  4. Teratozoospermia: Jumlah sperma dengan morfologi normal kurang dari 30%.
    ( Baca : 
    Obat Herbal Teratozoospermia Alami Terbaru 2015)
  5. Oligoasthenoteratozoospermia: Kelainan campuran dari 3 variabel yang telah disebutkan sebelumnya.
  6. Azoospermia: Tidak adanya spermatozoa dalam sperma
  7. Aspermia: Sama sekali tidak terjadi ejakulasi sperma
Dari interpretasi inilah, awal masalah ketidaksuburan sebuah pasangan dapat terungkap. Dengan demikian, dokter dan timnya akan dapat membuat suatu rencana pengobatan untuk menjadi solusi ketidaksuburan seorang pria.
Apabila hasil analisis sperma menyatakan nilai normal, kemungkinan besar penyebab ketidaksuburan terdapat pada sang wanita. Oleh karena itu, analisis kesuburan wanita dapat dijalankan sebagai langkah lanjut.
Berikut ini beberapa hal yang akan diperiksa saat analisis sperma di lakukan:

  • Hitungan sperma (sperm count). Angka yang normal untuk ini adalah 200 juta per sentimeter kubik.
  • Kelincahan gerak (motilitas). Uji ini, yang diberi nilai dari buruk sampai istimewa, menyatakan tingkat aktivitas sperma. Jika sperma tidak bergerak, mereka tidak dapat sampai ke telur. Sederhana sekali.
  • Morfologi. Ini memberi informasi tentang bentuk sperma anda. Bisa mikro (dalam hal ini berarti terlalu kecil), bisa makro (dalam hal ini berarti terlalu besar). Ukuran yang diharapkan adalah sedang.
  • pH. Semen harus bersifat agak basa -7,0 hingga 8,5.
  • Viskositas. Semen harus mudah dituang.
  • Volume. Yang normal dalam hai ini adalah dua hingga lima sentimeter kubik (kira-kira 1/2 hingga 1 sendok teh).
Setelah semua hasil di ketahui secara jelas, maka dapat mengetahui kualitas sperma anda. Apakah anda atau istri anda yang mengalami kemandulan. Dari hasil analisis tersebut dengan begitu dapat segera mengambil tindakan untuk menyesaikan masalah anda.

Nah itulah Jenis dan Nama Penyebab Ketidaksuburan Pada PriaKemudian apakah jika pria/laki-laki mengalami hal tersebut (salah satu dari penyebab ketidaksuburan) masih bisa hamil? Permasalahan ketidaksuburan pada pria diatas bisa diobati yang nantinya sperma kembali normal dan berkualitas baik seperti yang diharapkan.


Informasi pengobatan dan konsultasi lebih lanjut 
SMS : 087 829 120 877 - BBM : 5D93BA39

*Catatan : Ingat! layanan konsultasi ini bukan untuk menggantikan pemeriksaan dokter

Baca Juga : Suplemen Makanan Agar Sperma Tetap Kental

0 Response to "Jenis dan Nama Penyebab Ketidaksuburan Pada Pria"

Post a Comment